"Melayani dengan Baik, Profesional dan Akuntabel" Kritik, saran, dan pertanyaan bisa lewat email sungkaijaya01@gmail.com / Facebook KUA Sungkai Jaya
Pelayanan pada KUA Sungkai Jaya meliputi Bimbingan Perkawinan, Pencatatan Nikah, Rekomendasi Nikah, Keterangan Belum Menikah, Rekomendasi Haji, Keterangan Mahrom, Duplikat Buku Nikah, Legalisasi Buku Nikah, Pembuatan Akta Ikrar Wakaf (AIW), Sertifikat Mualaf, Konsultasi Masalah Keluarga, SK Pengurus Masjid dan masalah keagamaan lainnya.

Rabu, 01 Maret 2017

Tugas Pokok dan Fungsi KUA Sungkai Jaya

Tugas Pokok Kantor Urusan Agama (KUA)
         Melaksanakan sebagian tugas Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Utara dibidang urusan agama Islam di wilayah Kecamatan Sungkai Jaya.
Fungsi Kantor Urusan Agama (KUA)
        Dalam melaksanakan tugasnya, sebagaimana PMA No. 34 Tahun 2016 pasal 3, KUA Kecamatan Sungkai Jaya menyelenggarakan fungsi:
1.      Pelaksanaan pelayanan, pengawasan, pencatatan dan pelaporan nikah dan rujuk.
2.      Penyusunan statistik layanan dan bimbingan masyarakat Islam.
3.      Pengelolaan dokumentasi dan sistem informasi manajemen KUA Kecamatan.
4.      Pelayanan bimbingan keluarga sakinah.
5.      Pelayanan bimbingan kemasjidan.
6.      Pelayanan bimbingan hisab rukyat dan pembinaan syari’ah.
7.      Pelayanan bimbingan dan penerangan agama Islam.
8.      Pelayanan bimbingan zakat dan wakaf.
9.      Pelaksanaan ketatausahaan dan kerumahtanggaan KUA Kecamatan, dan juga
1.  Pelayanan bimbingan manasik haji bagi jamaah haji reguler.


PROGRAM KERJA KUA KECAMATAN SUNGKAI JAYA
1. Bidang Organisasi
a.       Peningkatan peran KUA Sungkai Jaya dalam lingkup kecamatan.
c.       Optimalisasi potensi sumber daya KUA Kecamatan Sungkai Jaya.
d.      Peningkatan peran dan fungsi lembaga BP-4, LPTQ, MUI, IPHI DAN BAZ.
e.       Peningkatan citra Kementerian Agama khususnya KUA Kecamatan Sungkai Jaya Citra baru.
2. Bidang  Kepenghuluan
a.       Peningkatan kualitas  pelayanan Nikah / Rujuk.
b.      Peningkatan administrasi N/R.
c.       Peningkatan kuantitas dan kualitas Kursus Calon Pengantin (Suscatin).
d.      Pemberdayaan keluarga sakinah.
e.       Peningkatan pelaporan N/R secara tertib dan tepat.
f.       Peningkatan layananan pencatatan nikah melalui Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH).
3. Bidang Kemasjidan
a.       Peningkatan Pelaksanaan  Manajemen Kemasjidan.
b.      Pembuatan Data Base Masjid.
c.       Peningkatan kerja sama antar takmir masjid.
d.      Optimalisasi fungsi masjid melalui pemberdayaan takmir.
4. Bidang  Zakat, Wakaf, Haji dan Ibadah Sosial
a.       Peningkatan kualitas pembinaan pra dan pasca haji.
b.      Peningkatan kesadaran berzakat dan peningkatan pengelolaan zakat.
c.       Peningkatan kesadaran tentang wakaf dan pentingnya Akta Ikrar Wakaf (AIW).
d.      Peningkatan Pelaksanaan Kegiatan Ibadah Sosial
5. Bidang Kemitraan Umat dan Produk Halal
a.       Peningkatan Kerjasama Lembaga Keagamaan dan Ormas Islam
b.      Peningkatan kerjasama antar Instansi tingkat Kecamatan
c.       Pendataan produk halal
d.      Peningkatan kesadaran sertifikasi halal
6. Bidang Administrasi Keuangan
a.       Pembuatan rencana dan pertanggungjawaban realisasi Biaya Operasional (BOP) KUA.
b.      Pengelolaan dan pembukuan DIPA / PNBP.
d.      Pelaporan keuangan secara tertib dan tepat.
e.       Pelaporan kegiatan yang dibiayai DIPA / PNBP.
7. Bidang Dokumentasi dan Statistik
a.       Pengelolaan dan menertibkan alur surat keluar dan surat masuk.
b.      Penataan dan pengamanan arsip/ dokumen.
c.       Tertibnya pelaporan bulanan dan tahunan.
d.      Pemutakhiran dan pengolahan data-data bidang Bimbingan Masyarakat (Bimas)
e.       Pengelolaan/pembukuan inventaris barang milik negara (BMN).
8. Bidang Sarana
a.       Pemeliharaan dan perawatan gedung kantor.
b.      Pengadaan dan pemeliharaan perlengkapan kantor.
c.       Pengelolaan tata ruang kerja dan KUA Kecamatan Sungkai Jaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar